Apa yang dimaksud dengan Firewall Komputer?

Posted: September 9, 2010 in Komputer dan Teknologi, Virus Komputer
Tags: , ,

Sebuah Firewall adalah program komputer yang memantau arus informasi dari internet ke komputer Anda. Ada dua jenis firewall yang tersedia bagi Anda untuk digunakan – Firewall Hardware dan Firewall Software.

Hardware Firewall:
Sebuah Firewall Hardware adalah bagian fisik dari peralatan yang duduk antara Internet dan komputer Anda. Contoh dari firewall hardware router broadband, bentuk umum dari koneksi Internet. Keuntungan menggunakan firewall hardware, adalah ia memiliki kemampuan untuk melindungi beberapa sistem komputer yang tersambung ke jaringan tersebut pada saat yang sama. Hal ini membuat firewall yang efektif untuk digunakan dalam bisnis yang memiliki beberapa komputer yang terhubung ke Internet, maupun di rumah yang memiliki lebih dari satu sistem komputer.

Software Firewall:
Software Firewall bekerja dengan cara yang sama seperti firewall perangkat keras, dengan memantau dan memblokir informasi yang datang ke komputer Anda melalui internet, namun software firewall harus diinstal sebagai program pada komputer Anda. Baik perangkat lunak firewall ini dapat diinstal dari sebuah disk komputer yang telah dibeli, atau di-download melalui Internet. Jenis program firewall yang paling umum seperti Norton 360, Norton Internet Security, ESET Smart Security, dan Kaspersky Internet Security semua memiliki firewall bundled di dalamnya.

Firewall:
Firewall membantu untuk mencegah hacker mengakses komputer dari komputer Anda melalui Internet, dan mencuri informasi sensitif atau menginfeksi sistem komputer Anda dengan beberapa bentuk virus komputer. Seorang hacker bisa mendapatkan akses ke sistem Anda dengan “pintu belakang” atau port terbuka yang menghubungkan komputer Anda ke Internet. Dengan firewall di tempat ini diblokir dari lalu lintas inbound, secara efektif menutup pintu di wajah hacker.

Tentu saja, kerusakan juga bisa dilakukan ke komputer Anda dari lalu lintas keluar juga. Katakanlah misalnya seorang hacker mampu menyelipkan Anda dengan virus Trojan,, spyware atau phishing skema yang tidak terdeteksi. Di lain waktu Anda boot up komputer Anda dan terhubung ke Internet, informasi tentang komputer Anda bisa dikirim ke hacker. Banyak firewall juga memblokir lalu lintas keluar yang akan membantu mencegah hal ini terjadi.

Pada dasarnya ada dua cara kerja Firewall. Secara umum, data yang masuk dianalisis dengan firewall untuk menentukan alamat IP yang berasal dari dan konten yang ada di dalamnya. Sistem firewall kemudian memeriksa untuk melihat apakah informasi ini sesuai dengan aturan yang Anda dapat mengkonfigurasi. Hal ini juga dapat menganalisa informasi pada tingkat aplikasi. Program firewall akan menentukan apakah aplikasi harus dapat mengirim atau menerima data atau tidak melalui port yang tersambung oleh anda.

Firewall program sangat penting untuk perlindungan tidak hanya sistem komputer Anda, tetapi juga informasi pribadi Anda. Banyak program-program anti-virus datang dengan perlindungan firewall. Perlindungan firewall harus dianggap sebagai bagian penting dari strategi keamanan komputer manapun.

About these ads
Comments
  1. Chergy says:

    Buagusss

  2. Ghufron says:

    Kereeeennnnn

  3. Amiansah says:

    Cangggihhhhhhhhhhhh

  4. dhania says:

    infonya lengkap ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s