Apa itu Virus, Trojans, Worms & Spyware

Posted: September 8, 2010 in Komputer dan Teknologi, Virus Komputer
Tags: , ,

Ada berbagai jenis virus komputer yang beredar di dunia cyber, termasuk Virus Komputer biasa, Worms, Trojans, dan Spyware. Masing-masing berbeda dalam cara mereka bekerja, tetapi mereka semua berbagi satu hal yang sama, kemampuan untuk melakukan banyak kerusakan pada sistem komputer Anda.

Virus Komputer:
Virus komputer telah ada sejak awal 1980-an. Virus komputer adalah program yang masuk ke sistem komputer dengan menggunakan perangkat keras atau perangkat lunak tanpa sepengetahuan pengguna komputer, dan kemudian menempel pada file program. Virus ini kemudian mulai mereplikasi diri dan melakukan kerusakan telah diprogram untuk melakukannya. Ada berbagai macam virus komputer di luar sana dan masing-masing memiliki cara yang berbeda bahwa mereka bekerja. Mereka bisa sangat merusak sistem komputer, jadi penting bagi Anda untuk -program anti virus yang baik untuk melindungi komputer Anda.

Trojan Horses:
Sebuah Trojan bukan virus komputer dalam arti bahwa ia tidak masuk ke komputer Anda dan mereplikasi diri. Trojan namanya berasal dari cerita Yunani kuno Trojan Horse, di mana sekelompok prajurit menyerang kota dengan bersembunyi dalam kuda kayu raksasa. Sebuah Trojan adalah software yang muncul untuk berfungsi dalam cara tertentu (seperti program yang mungkin telah di-download untuk menghapus virus atau spyware), walaupun pada kenyataannya ia melakukan tindakan lain, tanpa diketahui pengguna. Sebuah Trojan tidak selalu berbahaya dan merusak komputer Anda, tetapi dapat membuka Backdoor bagi hacker untuk masuk ke komputer Anda dan menyebabkan kerusakan atau mengambil informasi. Sebuah program firewall yang baik adalah cara yang paling efektif untuk menghentikan Kuda Trojan (juga update komputer dan program antivirus membantu mencegah Kuda Trojan).

Komputer Worms:
Worms komputer adalah seperti virus, mereka mereplikasi diri sendiri dalam sistem komputer Anda. Namun, worm komputer tidak harus melampirkan sendiri ke sebuah program di sistem anda seperti virus komputer agar tidak berfungsi. Juga, tidak seperti virus komputer yang umum merusak dan memodifikasi file di komputer Anda untuk menyebabkan kerusakan, sebuah worm komputer melokalisasi kerusakan terhadap jaringan komputer dengan menyebabkan peningkatan bandwidth. Namun, worm komputer mungkin memiliki payload “” yang dapat menghapus file, mengenkripsi file atau file email pada komputer host. Yang sangat umum dimuat worm adalah dengan menginstal backdoor di komputer yang terinfeksi untuk memungkinkan terciptanya zombie komputer “” di bawah kendali penulis worm. Worm Komputer sering dapat menyebar melalui email seperti SoBig dan MyDoom.
Spyware:
Spyware merupakan jenis terbaru dari program kerusakan sistem komputer. Spyware juga bukan virus komputer dalam arti tradisional, tapi itu berbahaya. Spyware bekerja dengan memasuki sistem komputer Anda untuk tujuan mengambil sebagian kontrol atas penggunaan, atau mengumpulkan informasi pribadi tanpa sepengetahuan Anda. Spyware sering berakhir di komputer Anda setelah men-download & menginstal perangkat lunak bebas – berhati-hatilah Anda men-download perangkat lunak, dan yang Anda download dari situs web!

Meskipun berbeda dalam fungsi, Virus, Trojans, Worms dan Spyware semua merusak komputer Anda. Sangat penting Anda memastikan telah memiliki perlindungan perangkat lunak komputer yang akan melindungi Anda dari hal-hal itu semua sehingga mereka tidak bisa masuk ke komputer Anda dan menyebabkan kerusakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s